PENJELASAN
REQUEST
- Bagian Credit Admin melakukan pengecekan ketersediaan cetakan di gudang
- Setelah Melakukan pengecekan ketersediaan cetakan apa saja yang telah dibatas minimum order, Credit Admin membuat list order (Purchase Request) cetakan ke HCGA.
- HCGA menerima Purchase Request dari Credit Admin
- HCGA mengisi nominal order dan harga satuan per unit sesuai Purchase Request dari Credit Admin.
- HCGA meminta TTD ke unit manager sebagai bukti permintaan cetakan.
- HCGA memberikan hasil input purchase Request ke Regional HRDGA Officer.
- HRDGA Officer membuat Purchase Order (PO) dan disetujui oleh HR Regional untuk dikirimkan ke pemasok/Vendor.
- Pemasok menyiapkan dan mengirim barang sesuai PO yang dikirim oleh HRDGA Officer
- Pemasok mengirim barang dan faktur pembelian untuk diserahkan ke HCGA.
- HCGA menerima barang/cetakan dan mengecek seluruh barang untuk disesuaikan dengan PO dan faktur pembelian.
- Jika barang yang dikirim telah sesuai dengan PO dan faktur pembelian, HCGA menyerahkan barang/cetakan ke Credit Admin.
- HCGA menyerahkan faktur pembelian ke bagian finance
- HCGA menyerahkan barang yang diterima dari pemasok ke Credit Admin.
- Credit Admin melakukan penyimpanan barang ke gudang.
- Bagian finance melakukan pembayaran ke pemasok sesuai dengan faktur pembelian yang diterima dari HCGA
- Finance menyerahkan faktur pembelian asli, dan surat jalan ke bagian Regional HRDGA Officer.
* Notes :
- Proses request PO dari HCGA ke HRDGA Officer harus mendapat persetujuan dari Branch Manager (BM) dan HR Regional
- Penerbitan PO oleh HRDGA Officer harus mendapat persetujuan dari HR Regional
- Penyerahan Faktur pembelian dari Finance ke HRDGA Officer paling lambat 1 minggu setelah faktur pembelian diterima.
DOKUMEN-DOKUMEN TERKAIT PEMBELIAN CETAKAN
- REQUEST PO
- PURCHASE ORDER (PO)
- FAKTUR PEMBELIAN
- SURAT JALAN
Sumber referensi : Dr.Supawi Pawenang,SE,MM (Akuntansi Biaya Semester IV) UNIBA
0 komentar:
Posting Komentar