PENGERTIAN ANGGARAN
Anggaran adalah rencana dalam bentuk angka yang tersusun secara sistematis dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu/periode tertentu di masa yang akan datang.
FUNGSI ANGGARAN
Peranan anggaran pada suatu perusahaan sebagai alat untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan, fungsi perencanaan, koordinasi, pengawasan dan sebagai pedoman kerja dalam menjalankan perusahaan untuk tujuan yang telah ditetapkan.
- PERENCANAAN
Perencanaan merupakan salah satu fungsi manajemen dan fungsi ini merupakan dasar pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen lainnya.
Sebelum perusahaan melakukan operasinya, manajer perusahaan harus lebih dahulu merumuskan kegiatan-kegiatan apa yang akan dilaksanakan di masa datang dan hasil yang akan dicapai dari kegiatan-kegiatan tersebut, serta bagaimana melaksanakannya. Dengan adanya rencana tersebut, maka aktifitas kerja akan dapat terlaksana dengan baik.
- PENGAWASAN
- KOORDINASI
- PEDOMAN KERJA
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYUSUNAN ANGGARAN
Faktor intern perusahaan dapat diawasi. Sebab, masalahnya bagi perusahaan semata-mata adalah kemampuan manajemen untuk mengelola faktor-faktor produksi yang tersedia.
Namun, faktor-faktor ekstern perlu diperhitungkan kemungkinannya dan kemungkinan ini sulit diduga sehingga sering dianggap sebagai faktor yang diluar dugaan.
Faktor intern perusahaan dapat diawasi. Sebab, masalahnya bagi perusahaan semata-mata adalah kemampuan manajemen untuk mengelola faktor-faktor produksi yang tersedia.
Namun, faktor-faktor ekstern perlu diperhitungkan kemungkinannya dan kemungkinan ini sulit diduga sehingga sering dianggap sebagai faktor yang diluar dugaan.
TUJUAN PENYUSUNAN ANGGARAN
- Menyatakan harapan perusahaan secara jelas dan formal
- Mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak-pihak terkait.
- Menyediakan rencana secara terperinci mengenai aktivitas.
- Mengkoordinasikan cara yang akan ditempuh untuk memaksimalkan sumber daya.
- Menyediakan alat ukur dan mengendalikan kinerja individu dan kelompok
KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN ANGGARAN
KEUNTUNGAN
KEUNTUNGAN
- Hasil yang diharapkan dari suatu rencana tertentu dapat diproyeksikan sebelum rencana tersebut dijalankan.
- Dalam penyusunan anggaran, diperlukan analisis yang sangat teliti terhadap semua tindakan yang dilakukan.
- Anggaran merupakan penelitian untuk kerja sehingga dapat dijadikan patokan untuk menilai baik buruknya suatu hasil yang diperoleh
- Anggaran memerlukan adanya dukungan organisasi yang baik sehingga setiap manajer mengetahui kekuasaan, kewenangan, dan kewajibannya.
- Mengingat setiap manajer dilibatkan dalam penyusunan anggaran, maka memungkinkan terciptanya perasaan ikut berperan serta (sense of participation)
- Dalam penyusunan anggaran, penaksiran yang dipakai belum tentu tepat dengan keadaan yang sebenarnya. Betapapun cermatnya taksiran tersebut dibuat namun amatlah sulit untuk mendapatkan
taksiran yang benar-benar akurat dan kemudian sama sekali tidak berbeda dengan kenyataannya nanti. - Seringkali keadaan yang digunakan sebagai dasar penyusunan anggaran mengalami perkembangan yang jauh berbeda daripada yang direncanakan, sehingga perlunya penyesuaian. Jika nantinya terjadi perubahan-perubahan terhadap data informasi serta faktor-faktor tersebut akan merubah pula ketetapan taksiran-taksiran yang telah disusun tersebut.
- Berhasil atau tidaknya pelaksanaan (realisasi) anggaran sangat tergantung pada SDM pelaksananya. Anggaran yang baik tidak akan bisa direalisasikan bilamana para pelaksananya tidak mempunyai ketrampilan serta kecakapan yang memadai.
Sumber referensi : Dr.Supawi Pawenang,SE,MM (Akuntansi Biaya-Anggaran semester IV 2016) UNIBA
0 komentar:
Posting Komentar