APA AKUNTANSI BIAYA?


akutansi biaya,biaya,akuntansi,ekonomi,harga,perencanaan
Akuntansi biaya adalah teknik dalam pencatatan, pelaporan keuangan untuk di interpretasikan ke dalam sebuah catatan pengeluaran transaksi keuangan.

Teknik-teknik yang dimaksud antara lain :
  • Menentukan biaya produk, proses, proyek, dan lain-lain dalam rangka untuk melaporkan jumlah yang tepat terhadap laporan keuangan
  • Membantu manajemen dalam membuat keputusan, perencanaan dan pengendalian suatu organisasi.
Misalnya, digunakan untuk menghitung biaya per unit produk dari produsen untuk melaporkan biaya persediaan pada neraca dan harga pokok penjualan pada laporan rugi laba. Hal tersebut dapat dicapai dengan teknik seperti alokasi biaya overhead pabrik dan melalui penggunaan biaya proses, biaya operasional.

Akuntansi Biaya membantu manajemen dengan memberikan analisa perilaku biaya, hubungan biaya-volume-profit, penganggaran operasional dan modal, penetapan biaya standar, Analisa varians biaya dan pendapatan, transfer pricing, berdasarkan penetapan biaya.

akuntansi biaya berasal dari kegiatan usaha produksi, namun sekarang meluas pada bisnis jasa. 
Misalnya bank akan menggunakan akuntansi biaya untuk menentukan biaya pengolahan pelanggan atau deposit. Hal ini dapat memberikan manajemen sebuah acuan dalam mementukan harga layanan tersebut. 

Berbeda dengan sistem akuntansi yang membantu dalam penyusunan laporan-laporan keuangan secara berkala, akutansi biaya digunakan untuk mengklasifikasi biaya-biaya yang berada dalam suatu perusahaan sebagai acuan seorang manajer untuk pengambilan keputusan atas biaya-biaya itu sendiri.

Contoh klasifikasi biaya perusahaan jasa
Akutansi biaya (klasifikasi biaya) 

Referensi: Dr. supawi Pawenang, SE, MM (Modul Akutansi biaya 15 Februari 2016) 
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar